Monday 22 December 2014

Tali Kasih Pemuda Pancasila

Musim hujan di Banjarnegara mengakibatkan bencana alam longsor di beberapa titik, diantaranya di ; Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kec. Karang Kobar, Dusun Giritirta, Desa Giritirta, Kec. Pejawaran, Dusun Pecil, Desa Pager Gugnung, Kec. Wanayasa dan Dusun slimpet, Desa Tlaga, Kec. Punggelan. 

A. Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kec. Karang Kobar
Perkiraan awal jumlahn korban mencapai 108 jiwa, berdasarkan jumlah penduduk Jemblung. tetapi dari sekitar 80 korban yang di ketemukan, ternyata cuma 40an yang penduduk asli Jemblung. berarti selebihnya adalah korban yang pas melewati jalan raya Banjarnegara - Karangkobar. 

Jumlah pengungsi mencapai 1.400 Jiwa, tersebuar di 10 titik lokasi pengungsian. Dan terhitung hari ini, Senin 22 Desember 2014, evakuasi dihentikan. Total korban yang berhasil di evakuasi dalam keadaan meninggal dunia sejumlah 93 jiwa.



Bencana Tanah Longsor di dusun Jemblung - Desa Sampang - Kec. Karang Kobar ini, telah menjadi bencana Nasional. Sampai-sampai Presiden kita, Joko Widodo menyempatkan diri untuk menengok lokasi bencana dan memberikan bantuan kepada para korban. Wal hahsil, hampir semua tokoh nasional pada berdatangan ke lokasi bencana juga. Semua media meliput proses evakuasi. Semua bantuan berdatangan dari berbagai kelompok, komunitas, lembaga maupun perusahaan.

Hingga artikel ini di terbitkan, bantuan berupa barang masih saja berdatangan dari berbagai daerah. Sementara kondisi gudang penampungan semua sudah over load. Kita berharap agar bantuan kedepan bagi para empati-san dapat berbentuk uang. Sehingga lebih memudahkan pendistribusian kepada mereka yang berhak.

B. Dusun Giritirta, Desa Giritirta, Kec. Pejawaran
Jumlah pengungsi di desa Giri Tirta sebanyak 92 jiwa dari 47 KK, diperkirakan lokasi tanah yang retak sepanjang 30 M, lebar retakan 5 - 30 Cm, tinggi tebing yang terancam lonogsor setinggi 25M. 

C. Dusun Pecil, Desa Pager Gugnung, Kec. Wanayasa
Jumlah pengungsi sebanyak 140 Jiwa dari sekitar 62 KK.

D. Dusun slimpet, Desa Tlaga, Kec. Punggelan. 
Jumlah pengungsi sebanyak 556 Jiwa dari sekitar 187KK.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

MPC Pemuda Pancasila Kab. Banjarnegara